1. Pemohon mengajukan permohonan;
  2. (a). Diterima Petugas Pelayanan Informasi; (b). Petugas menulis dalam formulir permohonan informasi publik; (c). Jika tidak memenuhi syarat kelangkapan administrasi, Petugas boleh menanyakan secara detail; (d). Jika sudah memenuhi syarat kelengkapan administrasi, Pemohon menandatangani formulir permohonan dan petugas menandatangani serta menulis nomor register; (e). Petugas menyampaikan formulir permohonan ke PPID dan atasan PPID sera mengarsip;
  3. Proses permohonan di PPID (jika tidak ada respon sama sekali waktunya 10 hari kerja), Jika ada respon atau janji atau proses mencari permohonan yang dimohon waktunya 17 hari kerja;
  4. Apabila Puas proses Selesai;
  5. Apabila Tidak Puas, pemohon berhak mengajukan keberanian ke Atasan PPID atau melalui Meja Layanan yang disediakan;
  6. Atasan PPID selama 30 hari kerja berhak memberi tanggapan atau jawaban;
  7. Apabila Puas proses Selesai;
  8. Apabila Tidak Puas, Pemohon berhak mengajukan Sengketa Informasi ke Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak mendapat tanggapan atau jawaban atau batas waktu 30 hari kerja di Atasan PPID.